Pulau Gili Labak

labak6-640x320Pulau Gili Labak – Selama ini yang terkenal dari Madura adalah jembatan suramadu. Namun, ternyata di Madura terdapat sebuah tempat wisata yang sangat indah sekali. Nama tempat tersebut adalah Pulau Gili Labak yang terletak di di Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Pulau Gili Labak yang dahulu orang menyebutnya dengan Pulau Tikus mempunyai luas sekitar 5 hektar dan dapat dikelilingi dengan berjalan kaki kurang lebih 30 menit ini dihuni sekitar kurang lebih 35 kepala keluarga.

Jika para penelusur ingin ke Pulau Gili Labak bisa menggunakan bis dari Surabaya ke Sumenep dengan tarif sekitar Rp 53.000 dengan waktu tempuh selama kurang lebih 4 jam. Kemudian setelah sampai di terminal Sumenep, para penelusur bisa langsung cari transportasi umum (ojek/bemo) untuk menuju ke Pelabuhan Kalianget. Karena Gili Labak tergolong pulau kecil sehingga tidak ada perahu reguler, kalian harus menyewa perahu nelayan seharga kurang lebih Rp 400.000 pulang-pergi dengan kapasitas sekitar 18 orang. Harga tersebut tidak pasti, jadi tergantung para penelusur bernegoisasi dengan pemilik perahunya.

Pulau Gili Labak menyuguhkan pemandangan yang sangat indah sekali. Bentangan pasir putih dan lautan biru dengan ombak yang landai menjadikan tempat yang satu ini sangat layak untuk ditelusuri. Dan sekitar 50 meter sebelum para penelusur berlabuh di bibir pantai, para penelusur akan disambut dengan beningya air laut yang membuat para penelusur bisa menikmati gugusan terumbu karang yang sangat indah.

Di Pulau Gili Labak salah satu aktivitas wisata yang nggak boleh para penelusur lewatkan adalah snorkeling dan diving, karena Pulau ini mempunyai pemandangan bawah laut yang sangatlah indah. Selain itu para penelusur juga dapat berenang,berjemur,bersantai di pinggir pantai menikmati pemandangan, ataupun berjalan jalan di pinggir pantai. Oh ya bagi para penelusur yang ingin diving atau snorkeling diharapkan untuk membawa peralatan sendiri dikarenakan di Pulau Gili Labak tidak ada tempat persewaannya.

Untuk fasilitas penunjang di Pulau Gili Labak sendiri masih tergolong kurang. Di sini tidak ada sumber air tawar, sehingga kebutuhan air bersih masih sangat terbatas. Selain itu listrik juga hanya nyala pada malam hari saja.

Di Pulau Gili Labak juga belum ada penginapan dan juga warung makan. Jadi jika para penelusur kesini, sebaiknya membawa perbekalan yang memadai. Kalau para penelusur ingin menginap, maka para penelusur bisa menginap dirumah warga ataupun juga mendirikan tenda di pinggir pantai.

Nih beberapa kebutuhan yang wajib para penelusur bawa jika ingin berlibur ke Pulau Gili Labak :

    Baju ganti
    Kacamata hitam
    Sunblock
    Kamera underwater
    Obat-obatan pribadi
    Makanan dan minuman secukupnya

Sumber : http://www.telusurindonesia.com/gili-labak.html